You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Penentuan 1 Ramadhan
Ketua DPW Muhammadiyah DKI Jakarta, Agus Suradika mengatakan, Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada 27 Juni 2014 petang. Pada tanggal itu, hilal atau bulan diprediksi sudah terlihat meski baru setengah derajat. Sesuai kalender Islam, awal ha.
photo doc - Beritajakarta.id

Pemerintah Putuskan Puasa Ramadhan Hari Minggu

Pemerintah lewat Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan awal puasa Ramadhan 1435 Hijriah jatuh pada hari Minggu (29/6) lusa. Sebab, berdasarkan pemantuan tidak ada satu pun lokasi yang melihat hilal. Meskipun begitu, pemerintah juga menghargai organisasi masyarakat (ormas) Islam yang mulai berpuasa hari Sabtu (28/6) besok.

Kemudian diputuskan 1 Ramadhan 1435 H jatuh bertepatan pada Ahad tanggal 29 Juni 2014

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, keputusan penetapan awal Ramadhan setelah melakukan rapat secara tertutup. Dalam rapat dilakukan laporan dan pembahasan hasil rukyatul hilal dari berbagai provinsi. Sejumlah ormas Islam yang hadir dalam sidang isbat pun tidak berbeda pendapat terkait hasil pemantauan hilal dan penetapan awal Ramadhan.

"Dari para saksi yang kami tugaskan di 63 titik di seluruh tanah air, tidak satu pun yang melihat hilal. Sehingga kami menyatakan melakukan istiqmal atau menyempurnakan bulan Sya'ban menjadi 30 hari. Kemudian diputuskan 1 Ramadhan 1435 H jatuh bertepatan pada Ahad tanggal 29 Juni 2014," kata Lukman, usai sidang isbat di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (27/6).

Ramadhan, Kriminalitas Ibu Kota Diprediksi Meningkat

Lukman meminta perbedaan ini tidak perlu diperdebatkan. Umat Muslim yang ada di Indonesia diminta untuk menghormati perbedaan yang ada dan menjalankan puasa dengan baik. "Tidak perlu diperdebatkan perbedaan ini. Mari bersama-sama menjalankan puasa dengan baik," ucapnya.

Sidang isbat digelar tertutup dengan dihadiri Ketua Umum MUI Din Syamsuddin, KH Maruf Amin, perwakilan Muhammadiyah, NU, dan sejumlah ormas Islam lainnya. Perwakilan dari dubes negara Islam dan ahli astronomi dari LAPAN dan Planetarium Jakarta juga hadir.

Sementara itu, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa pada 28 Juni 2014. Penetapan tersebut melalui metode hisab yang biasa dilakukan. Sehingga tidak perlu peneropongan hilal seperti yang dilakukan saat ini.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1228 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1156 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1129 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1100 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1061 personNurito